25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) mengungkapkan kiranya sederat wilayah selama bandung barat mengalami bencana longsor sampai mendorong 23 rumah rusak berat.

hujan dengan intensitas tinggi telah mengakibatkan longsor dalam tiga kecamatan, tutur kepala pusat data Informasi serta humas bnpb sutopo purwo nugroho pada jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan tersebut adalah kecamatan gununghalu, kecamatan rongga dan kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman yang berada dalam tebing perbukitan curam juga kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim telah mengakibatkan wilayah itu mempunyai risiko longsor tinggi, katanya.

dia menyebutkan, tercatat 23 rumah rusak berat, 97 properti terancam longsor juga 87 jiwa mengungsi akibat longsor selama tiga kecamatan itu.

Informasi Lainnya:

sebagian warga baru mengungsi di rumah kerabatnya yang lebih aman ujarnya.

dia menambahkan, melalui pemukiman dan dibangun di perbukitan berlereng curam dan tutupan hutan sangat sempit juga kondisi tanah yang tebal dan memiliki mata air selama bagian tengah update batuan keras di pihak bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk tersebut pemda perlu memfasilitasi teknologi konservasi tanah dan air terhadap warga supaya risiko bencana bisa diminimalisir, ujarnya.

banyak pilihan teknologi sederhana untuk mengatasi longsor, kata dia, menarik secara fisik serta vegetatif dan disesuaikan kondisi setempat.