Mahasiswa IBI Darmajaya ciptakan detektor jarak kendaraan

mahasiswa fakultas ilmu komputer ibi darmajaya, taufik hidayat, menciptakan rancang bangun sistem pendeteksi jarak sebagai alat pemandu parkir selama mobil, untuk bisa dimanfaatkan dengan seluruh kendaraan.

menurut taufik, dalam bandarlampung, jumat, apabila ceroboh selama memarkirkan mobil, dengan demikian bumper kendaraan mau mengalami lecet.

guna mengurangi kejadian tersebut, tutur dia, sangat disarankan untuk mobil telah terpasang sensor parkir melalui indikator-indikatornya yang bisa berupa display tampilan serta bunyi.

taufik mencari rancang bangun sistem pendeteksi jarak dijadikan alat pemandu parkir dalam mobil dengan sistem mikrokontroler sebagai pengendali sistem utamanya.

Informasi Lainnya:

mahasiswa jurusan sistem komputer ibi darmajaya ini menjelaskan, lalu sebagai pendeteksi jarak, mencari modul sensor ultrasonic ping buatan parallax dan terdiri dari tx (transmitter) dan rx (receiver).

sebagai output, dimanfaatkan suatu lcd (liquid cristal display) untuk menampilkan jarak, led juga sebuah buzzer agar indikator bunyi.

hasil yang didapat dari pembuatan prototype rancang bangun sistem pendeteksi jarak untuk alat pemandu parkir dalam mobil, alat itu mampu dimanfaatkan supaya mengukur jarak parkir kendaraan.

jarak yang terukur muncul ke lcd pada satuan sentimeter beserta statusnya semisal bagaimana kalau jarak dan terukur merupakan lebih besar dari 30 sentimeter.

pada lcd, melalui kondisi itu, hendak tertampil status kondisi : tidak berbahaya juga led tak menyala juga buzeer tidak bunyi untuk tanda masih dalam jarak aman.

taufik memaparkan, kalau jarak yang terukur 29 sentimeter sampai 20 sentimeter, maka pada lcd hendak tertampil status kondisi: awas led kuning mau menyala serta buzzer bunyi namun delay bunyi buzzer lebih lambat, serta apabila jarak yang terukur merupakan 19 sentimeter sampai 0 sentimeter dengan demikian ingin tertampil status kondisi : bahaya led merah menyala serta disertai bunyi buzzer melalui delay bunyi lebih bersegeralah.

wakil rektor bidang akademik dan riset ibi darmajaya, envermy vem msc, ditemani kepala jurusan sistem komputer yuni arkhiansyah skom mkom menegaskan bahwa pihaknya senantiasa mendukung segenap civitas akademika supaya selalu berinovasi dan berkontribusi kepada penduduk.

kami amat bangga sederat mahasiswa menghasilkan karya ilmiah dan bisa menyerahkan sumbangsih, tidak hanya terhadap kampusnya tapi serta terhadap lingkungan sekitarnya, ujarnya.

menurut envermy, dijadikan bentuk komitmen ibi darmajaya mewujudkan lulusan yang berkompeten di bidangnya serta berwawasan technopreneurship, kampus biru ini terus memotivasi mahasiswanya untuk menghasilkan karya ilmiah dan dapat memberikan kontribusi terhadap warga.