IMI minta para caleg pahami visi maritim

indonesia maritime institute (imi) minta kaum calon anggota legislatig (caleg) periode (2014-2019) agar memahami negara maritim, sebab dengan geografis wilayah indonesia 75 persennya adalah laut, oleh karenanya kelak terpilih merupakan anggota parlemn bisa membeli kebijakan dan berwawasan maritim (kelautan).

saya berharap para caleg ini diberi pemahaman mengenai visi maritim. untuk ketika mereka duduk dalam dpr ri maupun dprd nantinya tak salah dalam mencari keputusan ataupun kebijakan pembangunan bangsa juga negara ini, tutur direktur eksekutif imi y paonganan kepada pers, dalam jakarta, minggu.

menurut paonganan, alasan pemahaman visi maritim terhadap para caleg , karena anggota dpr ketika ini tak ada dan paham mengenai kondisi laut indonesia.

di komisi iv ada dibicarakan mengenai pertanian dan kehutanan saja. padahal pengelolaan laut harusnya lebih dominan pas kondisi realistik geografis dan geostretegis. dalam komisi v, kebijakan-kebijakan tentang transportasi laut juga belum menjadi prioritas, katanya.

Informasi Lainnya:

paonganan yang biasa disapa ongen tersebut menungkapkan bukan saja komisi selama dpr yang ada kaitan langsung dengan laut dan perlu memahami maritim. komisi tentang pendidikan dan kebudayaan juga amat usah memahami perihal kondisi geografis indonesia, keberagaman budaya, bahasa serta suku bangsa karena indonesia terdiri atas ribuan pulau.

tentu kondisi ini amat erat kaitannya dengan keberagaman tersebut. belum lagi masih kurangnya materi kemaritiman selama kurikulum pendidikan nasional, katanya.

ongen dan menyatakan, komisi pada dpr dan membidangi energi, migas serta mineral tidak dapat mengabaikan laut, sebab 90 persen potensi migas juga mineral justru banyak di laut, belum dulu potensi energi laut dan belum termanfaatkan sama alternatif.

selain tersebut, katanya, tak kalah pentingnya adalah komisi pertahanan. melalui konfigurasi geopolitik serta geostrategis nkri yang terlalu strategis, sistem pertahanan negara harusnya ditata ulang dan lebih mengedepankan kekuatan pertahanan laut, serta apa menjaga potensi sumber ekonomi maritim yang nilainya amat fantastis.

oleh karena tersebut, imi menjalankan pintu pada para caleg supaya bertukar pikiran pemahaman perihal kemaritiman.

kami siap kapan juga dimana saja, karena imi mempunyai agenda rutin yang khusus membahas tentang maritim. semisal dialog bentang bahari baharu dan diadakan semua bulan. ini khusus membahas mengenai potensi-potensi maritim indonesia, demikian paonganan.