Menkumham hentikan sementara Kepala Rutan Cipinang

menteri hukum juga hak asasi manusia (menkumham), amir syamsudin, menentukan memutus ternyata kepala rumah tahanan (karutan) cipinang jakarta, syaiful sahri, per 22 april 2013.

benar, karutan cipinang diberhentikan sementara karena menyerahkan izin nazaruddin keluar rutan cipinang, tutur amir melalui layanan pesan singkat selama jakarta, senin.

langkah tersebut, menurut sekretaris jenderal kementerian hukum serta ham bambang rantam sariwanto, dilaksanakan karena terpidana persentasi suap wisma atlet, m. nazaruddin, yang seharusnya ditahan pada rumah tahanan itu berada dalam luar rutan yaitu dalam properti sakit abdi waluyo jakarta.

pemberhentian ternyata ini dilakukan dalam rangka evaluasi dan penilaian menyeluruh terhadap kejadian tersebut yakni apakah sesuai agama atau tidak, hasil evaluasi tetapi, menkumham mengikuti kebijakan penggantian kepala rutan cipinang, ujarnya.

Informasi Lainnya:

menurut bambang, aksi tersebut adalah pihak dari komitmen penanganan serta pemberantasan korupsi.

menkumham harapkan narapidana korupsi tak menjadikan sakit dibuat alasan yang dibuat-buat supaya beranjak dari rumah tahanan ataupun lapas, ungkap bambang.

sebelumnya, berdasarkan pemeriksaan dokter di rutan cipinang nazaruddin memang menderita sakit yang lalu didiagnosa dijadikan sakit batu empedu.

pada 11 april 2013, nazaruddin berobat ke rumah sakit abdi waluyo serta dari 20 april 2013, mantan bendahara publik partai demokrat itu telah dikembalikan ke rutan cipinang.

istri nazaruddin, neneng sri mulyani, pekan kemarin juga dibolehkan oleh majelis hakim yang menyetujui neneng berobat ke rs abdi waluyo semua selasa-kamis untuk waktu yang tak sempit.

juru bicara komisi pemberantasan korupsi johan budi menungkapkan kiranya kewenangan pemberian izin pada narapidana supaya berobat berada di kementerian hukum juga ham.

memang nazaruddin masih merupakan tersangka pada kpk untuk angka tindak pidana pencucian biaya namun kewenangan tentang izin berada di kemenkumham namun kami himbau agar semua pihak untuk narapidana jumlah korupsi tak diberikan treatment yang biasa, tutur johan.

nama rs abdi waluyo kerap dijadikan toko online tersangka persentasi korupsi seperti hartati murdaya, angelina sondakh, m nazaruddin, amran batalipu juga neneng sri wahyuni, padahal kpk maupun pengadilan biasa merujuk rs polri untuk pembantaran.