Rp54 miliar, biaya pemakaman Thatcher

uang kaum wajib pajak inggris diperkirakan habis sebanyak rp54 miliar ataupun 3,6 juta poundsterling (1 poundsterling = rp15.000) supaya membiayai pemakaman mantan perdana menteri margaret thatcher.

data tersebut dikeluarkan oleh downing street, kamis, dengan rincian 2 juta poundsterling supaya para polisi dan telah bertugas juga 1,6 juta poundsterling untuk meminta semua pengeluaran selama luar tersebut.

meskipun data yang disebut pemerintah menyebut kasus 3,6 juta, perhitungan kasar total biaya dan dihabiskan agar pemakaman pekan lalu tersebut menelan uang sebesar 10 juta poundsterling atau rp150 miliar.

besarnya biaya dan dikeluarkan mencari kaum aktivis sayap kiri jauh meradang.

Informasi Lainnya:

mereka mengkritik pengeluaran para titan konservatif selama tengah-tengah keputusan pemotongan belanja publik dan ditujukan agar menekan defisit anggaran shopping inggris.

dari dana 1,6 juta pounsterling, kurang lebih 1,1 juta poundsterling digunakan agar petugas keamanan serta polisi, kata downing street.

sisanya 500 ribu poundsterling digunakan supaya biaya seremonial semisal st paulus katedral, resepsi setelah pemakaman dan undangan.

keluarga thatcher membayar uang bunga serta biaya pelaksanaan, dan angkanya tak diumumkan.

thatcher, dan berkuasa di periode 1979-1990, terbukti merupakan tokoh dan paling dibenci oleh kelompok kiri jauh baik saat hidup atau sesudah meninggal dunia.

didorong dengan isu biaya sebesar 10 juta poundsterling dan diperlukan agar pemakaman, pilihan demonstran meneriakkan kata-kata buang-buang biaya dalam prosesi pemakamannya, ternyata dan lain mengacungkan spanduk dengan tulisan besarnya dana itu.

thatcher adalah satu-satunya perdana menteri perempuan inggris juga terlama dalam abad ke-20. dia meninggal dunia di 8 april setelah terkena serangan stroke.

tokoh berusia 87 tahun itu mendapatkan pemakaman seremonial melalui penghormatan militer penuh selama katedral st paul dalam london pada 17 april.

dua kepala negara, 11 perdana menteri, 17 menteri luar negeri, serta pejabat dan mewakili 170 negara turut menghadiri upacara pemakaman.

menteri luar negeri william hague menjadi tuan rumah pada Satu daripada dua resepsi supaya perwakilan dari negara-negara asing.

resepsi dan kedua diperuntukkan agar sahabat serta keluarga thatcher serta perwakilan lembaga inggris. perdana menteri david cameron serta menteri senior lainnya menghadiri keduanya.

downing street menyatakan total uang ingin dibuat di waktunya, dan berharap jumlah itu akan mendekati estimasi total.

inggris sudah nyaris mengalami resesi putaran ketiga, biarpun masih mengalami defisit anggaran dan sulit dan kuat, dan menambah tumpukan rekor utang, berdasarkan data terpercaya pekan ini.

inggris terhindar daripada jatuh ke resesi ketiga dari krisis keuangan global pada 2008 sesudah ekonomi tumbuh sebesar 0,3 persen pada kuartal pertama.

sementara itu pinjaman bersih sektor publik mencapai 120,6 juta poundsterling dalam 12 bulan sampai akhir maret.

utang bersih sektor umum inggris mencapai rekor 1,186 triliun poundsterling pada maret, setara dengan 75,4 persen koleksi domestik bruto.