Satu rumah gadang ludes terbakar di Tanah Datar

satu rumah gadang (properti adat minangkabau) di nagari tanjung barulak, kecamatan tanjung emas, tanahdatar, sumatera barat, ludes terbakar, kamis (18/4) malam.

pantauan diantara, jumat, menunjukkan kebakaran itu tak menyisakan bangunan dan sudah berumur hampir Salah satu abad milik kaum mandahiling cikupa, jorong pintu rayo, nagari tanjung barulak.

dalam peristiwa naas itu, tidak banyak korban jiwa, sebab penghuni rumah yohannes bakri gindo sati (66) beserta anaknya farida (48) serta empat anggota keluarga lainnya cepat beranjak properti dengan dibantu masyarakat sekitar.

pemilik rumah diperkirakan menderita kerugian ratusan juta rupiah, karena properti gadang ini memiliki sejarah tersendiri serta sederat surat-surat berharga yang lain tak dapat diselamatkan.

Informasi Lainnya:

kepala satuan pemadam kebakaran tanahdatar nusyirwan menyampaikan Salah satu unit mobil pemadam kebakaran diturunkan juga pada masa singkat api berhasil dijinakan.

penyebab kebakaran masih pada penyelidikan polsek tanjung emas, tapi dugaan sementara berasal dari arus pendek listrik.

sebanyak 15 personel pemadam kebakaran dan sar kita kerahkan agar memadamkan api. kita bersyukur api segera mampu dipadamkan serta tak merembet ke rumah sekitarnya, ujarnya.

sementara itu, kepala badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) tanahdatar, altri suwandi mengimbau untuk warga lebih hati-hati serta berhati-hati pada listrik, kompor, obat nyamuk bakar juga yang lain yang mampu mempunyai bencana kebakaran.

dia dan mengharapkan warga yang berada selama sekitar objek wisata kebakaran mampu menyerahkan kemudahan akses jalan pada kendaraan pemadam kebakaran menuju lokasi makanya proses pemadaman lebih bersegeralah juga mengurangi kerugian baik jiwa, harta maupun benda.